Sponsors Link

50 Gejala Kanker Hati Sesuai dengan Jenisnya

Sponsors Link
kanker hati

gejala kanker hati

Hati adalah organ yang berukuran besar yang berada dan terletak di bagian kanan atas perut, dibawah diafragma dan di atas perut. Organ hati bisa menjadi rusak dikarenakan cacat sejak lahir, kecanduan alkohol, atau infeksi kronis seperti penyakit hepatitis B dan C.  Selain itu, penyakit keturunan dengan banyaknya kandungan zat besi dalam hati, dan sorisis akan mengakibatkan terjadinya kanker hati.

Sponsors Link

Kanker hati memiliki dua klasifikasi yaitu kanker hati primer dan kanker hati sekunder.  Dimana perkembangan sel kanker sesuai dengan tingkatan pertumbuhan kanker tersebut.  Berikut dua jenis klasifikasi kanker hati beserta dengan gejalanya((healthline.com,Liver Cancer, di akses 13 November 2014)):

Kanker Hati Primer

Kanker primer adalah awal mula kanker tumbuh dan sel-sel kanker yang melepaskan diri, kemudian menetap dan tumbuh pada bagian lain dari tubuh.

a. Karsinoma Hepatoseluler (HCC)

Karsinoma hepatoseluler merupakan jenis kanker hati yang sangat umum terjangkit.  Kanker hati jenis karsinoma hepatoseluler di sebut juga dengan tumor tunggal.  Berikut gejalanya :

  1. Rasa nyeri.  Ketidaknyamanan di perut bagian atas.  Hal ini disebabkan karena pembesaran hati yang merangsang saraf pada bagian lembar otot dibawah paru-paru.  Dimana pada bagian ini terhubung dengan bahu sebelah kanan, dan terkadang bisa dirasakan rasa nyeri.
  2. Asites. Kelebihan cairan dapat terbentuk di bagian perut dan kaki, yang disebabkan karena pembengkakan yang dikenal dengan asites.  Jika asites tumbuh dan berkembang, sebuah selang dapat dimasukkan ke dalam perut untuk mengeringkan cairan yang ada di perut supaya bisa di bersihkan.
  3. Penyakit kuning.  Penyakit kuning terjadi jika hati tidak bekerja dengan baik.  Hal ini bisa terjadi karena saluran empedu tersumbat oleh penyakit kanker.  Ini di sebabkan karena empedu yang di hasilkan oleh hati mengalir kembali dalam aliran darah.  Mata, kulit, akan berubah menjadi kuning dan urin berwarna gelap dan tinja berwarna pucat.
  4. Kehilangan nafsu makan.
  5. Mual.
  6. Suhu tinggi dan gejala flu.
  7. Penurunan berat badan tidak dapat di jelaskan.
  8. Mudah memar dan pendarahan.
  9. Meningkatkan ukuran perut.

b. Cholangiosarcoma

Kanker jenis ini dimulai pada saluran empedu pada hati, kemudian saluran empedu tersebut membawa dari hati ke kandung empedu.  Biasanya terjadi pada orang di atas usia 65 tahun.  Terjadinya cholangiosarcoma Gejala((macmillan.org.uk, Symptoms of primary liver cancer, di akses 13 November 2014)):

Sponsors Link

  1. Penyakit kuning yang merupakan tanda umum yang berkembang dan tumbuh pada tahap awal atau akhir.  Dan ini tergantung pada lokasi kanker berada.
  2. Gatal pada kulit yang di sebabkan karena penyakit kuning dan kanker tersebut.
  3. Nyeri pada perut dan meluas ke bagian punggung belakang.
  4. Kehilangan nafsu makan.
  5. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  6. Demam.
  7. Panas dingin.
  8. Tinja berwarna pucat.
  9. Urine berwarna gelap.

c. Hemangiosarcoma

Jenis kanker ini tumbuh dengan sangat cepat, dan mudah sekali naik pada saat pemeriksaan.  Sebagian banyak penderita kanker hati, jenis kanker hati ini sangat jarang sekali terjadi.  Gejala((acvim.org, Hemangiosarcoma, di akses 13 November 2014)) :

  1. Terdapat benjolan pada kulit berwarna merah dan ungu.
  2. Berat badan yang tidak dapat di jelaskan.
  3. Perut terasa kembung.
  4. Lesu, kurang stamina.
  5. Nafsu makan menurun.
  6. Gusi pucat.
  7. Lemah.
  8. batuk.

d. Hepatoblastoma

Jenis kanker hati ini sangat jarang sekali terjadi dari kanker hati.  Biasanaya, kanker ini terjadi pada anak-anak di bawah umur 4 tahun.  Gejala((ummchealth.com, Hepatoblastoma Risk Factors & Symptoms, di akses 13 November 2014)) :

  1.  Meningkatkan tekanan di perut atau di pembuluh darah, getah bening, atau pada bagian saraf.
  2. Terdapat benjolan yang tidak terasa nyeri di bagian perut.
  3. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  4. Mual dan muntah.
  5. Kehilangan nafsu makan.
  6. Pubertas dini pada anak laki-laki.

e. Angiosarcoma

Angiosarcoma adalah tumor ganas dari kanker hati, dan merupakan tingkat perkembangan terbesar dari tubuh.  Angiosarcoma muncul dari sel-sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah.  Gejala((mirzaasadbaig.blogspot.com,ANIGOSARCOMA | SYMPTOMS AND TREATMENT, di akses 13 November 2014))((sarcomahelp.org,What is Angiosarcoma?, di akses 13 November 2014)) :

  1. Kelelahan.
  2. Mual dan muntah.
  3. Berat badan.
  4. Kelelahan.
  5. Nafsu makan berkurang.
  6. Pembesaran perut.
  7. Infeksi pada kulit.
  8. Memar atau luka tidak sembuh-sembuh.
  9. Benjolan dengan tekstur yang lunak.
  10. Nyeri perut.
  11. Pendarahan di rongga peritoneum.
  12. Pendarah hati.
Sponsors Link

Kanker Hati Sekunder

Kanker hati sekunder adalah sel-sel kanker baru yang telah menyebar, dan tumbuh di seluruh tubuh terutama di hati((cancerresearchuk.org,Secondary cancer, di akses 13 November 2014)).  Gejala((breastcancercare.org.uk,Secondary breast cancer in the liver, di akses 13 November 2014)) :

  1. Rasa sakit – Rasa tidak nyaman di daerah sekitar hati, dan terasa sakit dibawah rusuk atau di bagian perut bagian atas, dan mengakibatkan hati menjadi membesar.  Dan rasa nyeri pada bahu bagian kanan, ini di sebabkan karena pembesaran hati yang menekan bagian saraf sehingga membuat bahu terasa nyeri.
  2. Mual – Merasakan rasa mual yang di sebabkan hati yang membesar dan menekan pada bagian perut.  Hal ini disebabkan karena racun menumpuk di tubuh dari hati yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
  3. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan.  Efek pengobatan dan terapi untuk penyakit kanker akan membuat kita merasa kehilangan nafsu makan sehingga berat badan menjadi menurun.
  4. Cegukan.  Cegukan di akibatkan karena terjadinya pembesaran hati yang menekan diafragma sehingga menyebabkan kejang urat.
  5. Asites.  Asites adalah penumpukan yang berlebihan dalam cairan perut, sehingga perut membengkak dan terasa tidak nyaman.  Dan terkadang gejala ini bisa membuat anda sesak nafas.
  6. Anemia.  Anemia di sebabkan karena penurunan jumlah sel darah merah, sehingga bermasalah dengan pembekuan darah yang menyebabkan anemia.
  7. Penyakit kuning.  Mata dan kulit berwarna kuning. Penyakit kuning dapat terjadi jika pada saluran empedu menjadi terhambat.  Jika di bairkan saja akan sangat di pengaruhi oleh kanker.
  8. Kulit gatal.  Penyakit kuning dapat menyebabkan kulit terasa gatal, dan lebih parah terjadi pada malam hari.

Gejala kanker hati bisa terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita. Tanda dan gejala kanker hati sering sekali tidak muncul sampai dengan tahap akhir, sehingga cenderung terdiaknosa pada tingkat pertumbuhan yang lebih maju.  Dan terkadang lebih cepat muncul dengan daya tahan tubuh yang lemah.

Dalam hal penyakit kanker hati, gejala akan terus menerus berkembang dan menjadi buruk sehingga dapat meningkatkan resiko penyebab kanker hati.  Jika anda memiliki sebagian banyak gejala di atas, segera kunjungi dokter spesialis untuk mendiagnosis gejala penyakit anda, agar tidak terlambat di kemudian hari.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 14th, November 2014 / 03:43 Oleh :
Kategori : Kanker Hati