Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Gejala Kanker Hati – Penyebab dan Pengobatan

ads

Pada umumnya gejala yang terjadi pada penyakit kanker hati ini merupakan gejala yang kurang spesifik atau tidak terlalu khusus. Beberapa contoh gejala dari kanker hati ini misalnya mual dan merasa cepat kelelahan. Gejala- gejala tersebut tentunya merupakan hal umum yang biasa menyerang seseorang dan terjadi dalam kehidupan sehari- hari. Gejala- gejala yang khusus baru akan terjadi ketika kanker sudah memasuki masa stadium lanjut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gejala- gejala yang menandai terjadinya kanker hati secara lebih detail. Beberapa gejala yang menandai datangnya kanker hati antara lain :

  1. Cepat merasa kelelahan

Gejala pertama yang menandai terjadinya kanker hati adalah sering merasa kelelahan. Kelelahan ini merupakan akibat yang ditimbulkan dari sebab yang tidak pasti. Dengan kata lain, kelelahan ini disebabkan oleh sesuatu yang tidak dapat dipastikan. Kelelahan ini sebenarnya merupakan hal yang biasa dialami oleh orang- orang. Namun tahukah Anda bahwasannya kelelahan merupakan salah satu dari gejala penyakit kanker hati. Maka dari itu ketika seseorang merasa seringkali kelelahan, sebaiknya waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus.

  1. Mual-mual dan juga muntah

Seseorang yang terjangkit penyakit kanker hati juga seringkali merasa mual. Mual- mual ini juga disertai dengan muntah. Mual yang disertai dengan muntah ini terjadi tanpa disebabkan sesuatu yang dikenal sebelumnya. Mual dan muntah yang datang dengan tiba- tiba ini merupakan salah satu gejala dari kanker hati. Maka dari itu ketika seseorang mengalami mual dan juga muntah tanpa sebab yang diketahui sebelumya, sebaiknya seseorang memeriksakan diri ke dokter agar diketahui secara lebih jelas penyebab dari mua dan muntah tersebut.

  1. Berat badan menurun

Penyakit kanker merupakan penyakit yang menjalar di bagian dalam tubuh manusia. Penyakit kanker ini bisa menggerogoti organ dalam manusia, sehingga menyebabkan penurunan berat badan manusia. Apalagi hati merupakan organ utama yang membantu tubuh dalam hal metabolisme. Hati yang mengalami gangguan ini akan mempengaruhi berat badan seseorang. Sehingga berat badan seseorang akan semakin menurun dan penurunan ini terjadi tanpa sebab yang pasti. Turunnya berat badan seseorang ini disebut- sebut sebagai gejala dari tahap awal kanker hati.

  1. Urin berwarna gelap

Orang yang terserang penyakit kanker hati ini mempunyai  suatu gejala, yakni memiliki urin yang berwarna gelap. Peningkatan jumlah bilirubin yang ada di dalam darah ini akan menyebabkan urin mempunyai warna yang bervariasi, dari warna kuning tua hingga warna coklat. Dan perubahan warna pada urin ini tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Maka dari itu, ketika seseorang mengalami hal yang demikian ini maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan khusu dari dokter. Hal ini perlu dilakukan karena perubahan urin ke warna yang gelap merupakan salah satu gejala dari penyakit kanker hati.

  1. Feses berwarna kehitaman

Telah disebutkan di atas bahwa salah satu gejala dari penyakit kanker hati adalah urin seseorang menjadi berwarna gelap, yakni antara kuning tua hingga coklat. Selain urin yang berubah warna, ternyata feses manusia yang mengidap penyakit kaker hati juga berubah warna, yakni menjadi warna gelap kehitaman. Hal ini terjadi karena adanya gangguan di dalan fungsi hati yang pada akhirnya mempengaruhi feses yang diproduksi manusia menjadi berubah warna terlihat gelap kehitaman.

  1. Terjadi gatal- gatal

Pada umunya, gatal- gatal ini merupakan hal yang biasa terjadi pada seseorang. gatal- gatal yang menyerang seseorang ini biasanya juga disebabkan karena hal yang sepele. Namun, siapa sangka ternyata getal- gatal ini merupakan salah satu gejala yang mengindikasikan terjadinya kanker hati. Gatal- gatal menjadi salah satu gejala terjadinya kanker hati terutama karena adanya efek peningkatan pada jumlah bilirubin yang ada di dalam tubuh. Peningkatan jumlah bilirubin ini terjadi karena adanya gangguan yang terjadi pada fungsi hati akibat sel kanker.

sponsored links
  1. Terjadinya pembengkakan pada hati

Gejala selanjutnya dari terjadinya kanker hati ini adalah terjadi pembengkakan pada organ hati. Hati merupakan organ utama yang diserang oleh sel kanker ini akan mengalami pembengkakan. Akibatnya akan terlihat tonjolan pada sisi kanan perut di bagian atas. Ketika menemui tonjolan ini di bagian kanan perut sebelah atas, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan hal apa yang sebenarnya terjadi. Bisa saja tonjolan tersbut merupakan pembengkakan yang terjadi pada hati akibat adanya penyakit kanker tersebut.

  1. Pembesaran pada bagian perut

Penyakit kanker hati ini menyerang bagian hati. Ketika hati bermasalah maka  akan menimbulkan sakit pada bagian perut. Sakit perut yang disertai dengan pembesaran pada bagian perut tersebut merupakan salah satu gejala terjadinya kanker hati. Maka dari itu ketika seseorang mengalami hal yang seperti ini sebaiknya segera saja di bawa ke dokter agar diketahui secara pasti apa penyebabnya dan juga mengetahui langkah apa yang seharusnya diambil untuk menindaklanjuti pembengkakan tersebut.

  1. Ascitis

Ascitis ini disebut juga dengan akumulasi cairan yang berada di perut. Ascitis atau akumulasi cairan yang ada di dalam perut merupakan salah satu gejala ynag mengindikasikan seseorang terjangkit penyakit aknker hati. Ascitis atau akumulasi cairan yang ada di perut ini ditandai dengan perut terasa kembung dan juga terjadi pembengkakan di dalam perut. Dan Ascitis atau akumulasi cairan yang ada di perut ini merupakan gejala awal dari kanker hati yang juga merupakan gejala umum yang sering terjadi. Maka dari itu apabila perut kita mengalami kekembungan yang berarti dan tanpa sebab yang pasti maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

  1. Ikterus

Barangkali sebagian dari kita akan merasa asning dengan nama ikterus. Hal  ini karena istilah ini belum terlalu banyak digunakan. Ikterus ini bukanlah suatu penyakit. Namun Ikterus merupakan presentasi klinis yang menunjukkan penurunan nilai pada fungsi hati. Gangguan yang terjadi pada fungsi hati akan mengakibatkan terjadinya retensi bilirubin yang ada di dalam tubuh. Selain itu beberapa penyakit tertentu akan meyebabkan terjadinya kanker hati. Salah satu penyakit yang mendorong terjadinya  kanker hati adalah sakit kuning atau hepatitis. Hepatitis ini dapat diketahui berada di dalam tubuh manusia karena bagian mata yang berwarna kuning menjadi meningkat jumlahnya .

Itulah beberapa hal yang menjadi gejala seseorang terjangkit penyakit kanker hati. Pada awalnya, gejala penyakit kanker hati ini memang tidak terlalu kelihatan. Pasalnya, gejala yang terjadi pada kanker hati ini merupakan gejala- gejala umum yang juga dapat menjadi gejala penyakit lainnya, sepeti mual dan muntah, gatal- gatal, dan berat badan menurun. Gejala yang spesifik dari kanker hari ini baru akan terlihat ketika penyakit tersebut sudah memasuki tahapan lanjut atau kanker hati stadium lanjut. Maka dari itu, biasanya orang- orang mengetahui bahwa dia terjangkit penyakit kanker hati ini memasuki stadium lanjut. Dan salah satu uoaya yang dapat kita lakukan adalah peka terhadap diri sendiri dan jangan takut untuk rajin memeriksakan diri ke dokter apabila terjadi beberapa gejala tersebut. Hal ini karena kepekaan secara dini akan membantu kita menjaga diri kita agar lebih sehat dan yang pasti terhindar dari masalah- masalah yang mambahayakan diri kita.

Penyebab Timbulnya Kanker Hati

Penyakit kaner hati bisa berpotensi menyerang siapa saja. Hal ini berarti setiap manusia mempunyai resiko untuk terkena penyakit kanker hati. Tahukah Anda, ternyata penyakit kanker hati ini bisa dipicu oleh beberapa hal yang kemudian dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit ini. Meskipun di dalam dunia medis sendiri belum dapat dipastikan penyebab secara pasti yang memicu perubahan pada sel- sel dalam kanker hati, namun ada beberapa faktor yang mendukung hal tersebut terjadi.

Sebagian besar penyebab dari timbulnya penyakit kanker hati adalah berupa penyakit- penyakit lain atau yang berkaitan dengan hati pula. Beberapa penyakit faktor yang menjadi pemicu kedatangan penyakit kanker hati ini antara lain:

  • Penyakit Sirosis

Penyakit sirosis merupakan penyakit yang yang berkaitan dengan kerusakan pada organ hati. Penyakit sirosis ini merupakan penyakit yang dikabarkan bisa menjadi penyebab dari timbulnya kanker hati. Namun, tidak semua orang yang mengalami penyakit sirosi ini berujung pada kanker hati. Penyakit kanker hati mempunyai hubugan erat dengan sirosis dan juga peroses pembentukan jaringan parut yang ada di dalam organ hati. Organ hati sendiri normalnya merupakan organ yang terbentuk dari jaringan sel- sel yang bersifat lunak. Nah, sirosis ini merupakan suatu kondisi ketika jaringan hati yang normal tadi telah mengeras akibat proses pembentukan jaringan- jaringan baru dari sel- sel yang terluka. Hal ini mengakibatkan fungsi hati menjadi menurun. Penyakit sirosis sendiri bisa dipicu oleh berbagai hal. Di negara berkembang, penyakit sirosi ini terjadi karena disebabkan oleh hal- hal sebagai berikut:

  • Mempunyai penyakit autoimun.
  • Terlalu banyak mengonsumsi alkohol
  • Inveksi virus hepatitis B dan C
  • Adanya penyakit perlemakan hati non alkoholik
  • Hepatitis Autoimun

Penyakit lain yang dapat menyebabkan terjadinya kanker hati pada seseorang adalah adanya penyakit autoimun yang dialami oleh seseorang. penyakit autoimun ini merupakan suatu kelainan pada tubuh manusia. Kondisi genetik ini memang jarang muncul atau dialami oleh amnusia, namun ada beberapa orang yang mengalami penyakit yang demikian ini. penyakit autoimun ini merupakan penyakit yang terjadi ketika sistem imun manusia (ketahanan aami manusia) yang biasa melawan infeksi atau melindungi diri dari virus/ penyakit, justru malah berbalik arah menjadi menyerang sel- sel hati yang yang sehat. Penyakit hepatitis autoimun ini akan menjadikan seseorang berpotensi terkena penyakit kanker hati. Namun bila dibandingkan dengan penyakit sirosis, penderita aotoimun ini mepunyai resiko yang lebih kecil terkena kanker hati jika dibandingkan dengan penderita sirosis.

  • Hemokromatosis

Hemokromatosis merupakan salah satu pemicu dari adanya penyakit sirosi. Hemokromatosis sendiri merupakan kondisi genetik yang terjadi ketika tubuh terlalu banyak menyimpan zat besi yang diserap oleh makanan. Zat besi yang bertupukan di dalam tubuh ini akhirnya mencapai kadar yang dapat meracuni dan juga merusak organ hati. Dan sekitar sepuluh Persen pasien pengidap sirosis yang disebabkan oleh hemokromatosisi ini mengalami kanker hati.

  • Penyakit kuning

Penyakit kuning merupakan salah satu gejala yang terlihat ketika seseorang menderita kanker hati. Selain sebagai gejala, penyakit kuning ini dapat dikatakan pula sebagai salah satu penyebab seseorang erjangkit penyakit kanker hati.  Penyakit kunin ini menyerang manusia yang dapat ditandai dengan meningkatnya warna kuning pada kulit manusia serta bagian putih mata manusia yang semakin menguning. Oleh karena itu kita harus waspada terhadap penyakit yang satu ini. apabila terjangkit penyakit yang satu ini sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter agar lekas mendapatkan penanganan dari dokter.

Sponsors Link

Itulah beberapa faktor yang menyebabakan seseorang terjangkit penyakit kanker hati yag berbahaya ini. meskipun penyakit- penyakit di atas merupakan penyakit yang disinyalir mampu mendatangkan penyakit kanker hati, namun tidak semua orang yang mengidap penyakit tersebut berujung kepada kanker hati. Maka dari itu sebagai manusia yang peduli akan kesehatan diri sendiri kita harus tanggap. Ketika terlihat satu atau dua tanda atau gejal dari penyakit- penyakit etrtentu, segera periksakanlah diri ke doker agar mendapatkan informasi khusus sehingga kita segera dapat mengetahui langkah apa yang sebaiknya bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari resiko penyakit yang lebih parah lagi.

Pengobatan Penyakit Kanker Hati

Setelah dipastikan seseorang terkena penyakit kanker hati, maka harus segera dicarikan cara untuk dapat mengobati penyakit tersebut. Untuk mengobati penyakit kanker hati ini, setidaknya disediakan tiga alternattif cara yang dpat dilakukan. Penderita kanker hati akan ditangani oleh dokter dengan melakukan pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan atau stadium kanker masing- masing. Tiga cara utama yang digunakan untuk mengobati penyakit kanker hati antara lain:

  • Reseksi

Cara yang pertama dapat dilakukan adalah reseksi. Reseksi ini merupakan salah satu cara pengobatan pada kaner hati yang dilakukan dengan mengambil bagian organ hati yang terkena kanket tersebut. Hal ini dilakukan agar sel kanker tidak menjalar kemana- mana, sehingga tidak mengenai organ tubuh lainnya.

  • Transplantasi hati

Cara kedua yang adapat dilakukan adalah dengan melakukan transplantasi hati. Transplantasi hati sendiri merupakan suatu operasi yang dilakukan untuk mengganti organ hati yang terkena kanker tersebut dengan organ hati yang baru. Maka dari itu untuk melakukan transplantasi hati ini perlu dicarikan seseorang yang rela mendonorka hatinya untuk orang lain.

  • Pengangkatan dengan frekuensi radio (Radiofrequency ablation/RFA)

Cara ini merupakan cara yang banyak digunakan dalam pengobatan kanker, yakni dengan menggunakan panas untuk dapat membunuh sel- sel yang bersifat kanker di dalam tubuh manusia.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kanker hati di dalam tubuh manusia. Cara- cara tersebut dilakukan sesuai dengan tingkatan atau stadium kanker yang dialami manusia. Demikianlah sekilas informasi menganai kanker hati, semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 13th, September 2016 / 08:54 Oleh :
Kategori : Kanker Hati