Sponsors Link

5 Penyebab Kanker Ginjal Pada Anak – Dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Fungsi ginjal secara umum adalah untuk menyaring kotoran yang ada dalam tubuh kemudian mengubahnya menjadi urine. Pada dasarnya, manusia memiliki dua ginjal yang terletak di kedua sisi pinggang tepat di bawah tulang rusuk. Jika ginjal memiliki kerusakan, maka ginjal tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Salah satu penyakit yang dapat menyerang ginjal adalah kanker ginjal. Biasanya ginjal yang terserang penyakit kanker hanya salah satu saja. (Baca juga: Penyebab Kanker Ginjal dan Faktor Resiko bagi Penderitanya , Gejala Kanker Ginjal)

Sponsors Link

Kanker ginjal merupakan suatu keadaan dimana sel – sel kanker yang tumbuh menyerang ginjal. Biasanya penyakit ini menyerang orang dewasa di usia 50 tahun ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa anak – anak pun dapat terserang penyakit kanker ginjal. Kanker ginjal yang ditemukan pada anak – anak disebut dengan Nefroblastoma atau biasa disebut juga dengan Tumor Wilms. Penyakit ini biasanya menyerang anak – anak yang berumur kurang dari 5 tahun, tetapi bisa juga menyerang anak – anak di atas usia tersebut. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Tulang , Penyebab Kanker Hati Pada Bayi)

Belum ditemukan secara pasti penyebab dari kanker ginjal ini, terutama pada anak – anak. Akan tetapi, faktor utama yang menjadi penyebab penyakit ini adalah faktor genetik atau keturunan. Jika dalam suatu keluarga terdapat salah satu anggotanya yang pernah mengidap penyakit kanker ginjal, maka ada kemungkinan penyakit tersebut akan menyerang keturunannya pua. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan pemaparan mengenai penyebab dari kanker ginjal pada anak – anak. (Baca juga: Tanda Kanker Pita Suara , Gejala Kanker Adrenal)

Penyebab Kanker Ginjal Pada Anak

  1. Kanker timbul ketika anak masih di dalam rahim

Ketika anak masih berkembang di dalam rahim, ada beberapa sel yang yang seharusnya membentuk ginjal ternyata gagal berkembang dengan baik. Sel – sel tersebut malah berkembang biak secara primitif dan membentuk tumor yang menyebabkan kanker. Tumor tersebut akan terlihat jelas ketika anak menginjak usia 3 atau 4 tahun setelah dilahirkan. (Baca juga: Penyebab Kanker Getah Bening Pada Anak)

  1. Cacat genetik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, faktor utama penyebab kanker ini adalah adanya faktor keturunan atau genetik. Faktor ini biasanya diturunkan dari orangtua ke anaknya. Jika orangtuanya pernah mengidap penyakit kanker ginjal, maka ada kemungkinan anaknya pun akan terkena kanker juga. Hal ini disebabkan karena terjadi mutasi sel kanker pada gen yang mengontol pertumbuhan, sehingga sel tersebut berkembang biak tanpa adanya kendali dan menyerang organ ginjal. (Baca juga: Penyebab Leukimia Pada Anak)

ads
  1. Adanya kelainan pada saluran kemih

Anak yang mengidap penyakit kanker ginjal akan mengalami gangguan pada saluran kemihnya. Kelainan ini dapat terjadi ketika anak tersebut masih bayi dan beranjak dewasa. Gejala ini akan terlihat ketika anak merasakan sakit pada saat buang air kecil. Gangguan pada saluran kemih ini dapat berujung pada kanker ginjal jika gangguan ini menyerang ginjal.  Penyebab ini merupakan salah satu faktor keturunan. (Baca juga: Penyebab Kanker Mata Pada Balita ).

  1. Aniridia pada anak

Aniridia merupaka suatu kondisi dimana mata tidak memiliki iris. Hal ini merupakan salah satu penyebab dari kanker ginjal pada anak dan merupakan penyebab yang timbul karena faktor keturunan.

  1. Adanya pembengkakan pada bagian tubuh

Salah satu penyebab keturunan lainnya adalah adanya pembengkakan atau pembesaran berlebih pada bagian tubuh anak. Hal ini akan menyebabkan timbulnya penyakit kanker ginjal pada anak.

Meskipun penyebab kanker ginjal pada anak ini masih belum diketahui secara jelas, akan tetapi orangtua perlu mengetahui gejala – gejala yang timbul karena adanya penyakit kanker ginjal pada anak. Berikut ini adalah pemaparan mengenai gejala dari kanker ginjal pada anak. (Baca juga: Gejala Kanker Kulit Pada Anak , Gejala Awal Terkena Kanker Kulit).

Gejala Kanker Ginjal Pada Anak

  • Terjadi pembengkakan pada perut. Anak yang mengidap penyakit kanker ginjal, perutnya akan terlihat membesar. Hal ini disebabkan karena organ ginjal dan organ lain yang ada disekitarnya ikut membengkak. (Baca Juga: Ciri Kanker Usus 12)
  • Sering merasakan nyeri pada perut. Jika anak sering merasakan nyeri pada perutnya, perlu diwaspadai bahwa anak tersebut terkena kanker ginjal. Nyeri di perut ini disebabkan karena adanya pembengkakan pada organ ginjal.
  • Mengalami demam. Faktor penyebab demam sangat bermacam – macam. Orangtua harus mengenali berbagai jenis demam yang dialami oleh anaknya, apakah demam yang terjadi merupakan demam biasa atau demam yang disebabkan karena adanya suatu penyakit berbahaya. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Sesuai Jenisnya)
  • Terdapat darah dalam urine. Ketika anak buang air kecil kemudian terlihat ada darah pada urine-nya maka orangtua harus mencurigai bahwa anak tersebut mengidap penyakit kanker ginjal.
  • Nafsu makan menjadi berkurang. Ketika seseorang mengalami gangguan pada organ yang ada dalam tubuhnya, maka nafsu makannya akan berkurang. Begitu pula dengan anak yang terkena penyakit kanker ginjal. Anak akan kehilangan nafsu makannya karena tubuhnya sulit menerima asupan makanan. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung Paling Parah)
  • Tekanan darah menjadi tinggi. Anak yang terkena penyakit kanker ginjal akan mudah merasa stres. Hal ini disebabkan karena anak tersebut mengalami tekanan darah yang tinggi. Kondisi ini perlu diwaspadai karena merupakan gejala dari adanya penyakit kanker ginjal. (Baca Juga: Gejala Kanker Nasofaring)
  • Sembelit. Sembelit merupakan suatu kondisi dimana seseorang kesulitan dalam buang air besar. Ketika anak sering mengalami sembelit, orangtua perlu mewaspadai gejala tersebut sebagai gejala kanker ginjal.
  • Sering merasakan mual dan muntah. Mual dan muntah merupakan kondisi yang umum dirasakan oleh orang banyak. Tetapi jika kondisi tersebut sering dialami oleh anak maka bisa dipastikan bahwa anak tersebut mengidap penyakit kanker ginjal. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung Stadium Awal)

Apabila penyakit kanker ginjal sudah menyerang, maka langkah yang harus dilakukan adalah penanganan melalui perawatan atau pengobatan. Berikut ini merupakan beberapa perawatan atau pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani kanker ginjal pada anak. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Darah Pada Anak)

Perawatan atau Pengobatan untuk Menangani Kanker Ginjal Pada Anak

1. Operasi

Operasi yang dilakukan untuk kasus kanker ginjal pada anak biasa disebut dengan nephrectomy. Metode ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Nephrectomy sederhana. Metode operasi ini merupakan pengangkatan organ tubuh atau ginjal yang terserang oleh kanker. Ginjal yang lain akan mengambil alih fungsi penyaringan darah.
  • Nephrectomy partial. Merupakan metode pengangkatan sebagian tumor dan jaringan ginjal. Metode ini biasanya digunakan apabila ginjal yang lain mengalami kerusakan atau sudah tidak ada.
  • Nephrectomy radikal. Merupakan metode pengangkatan ginjal dan seluruh organ tubuh lain yang terkena kanker.(Baca Juga: Tahapan Operasi Kanker Otak , Operasi Kanker Serviks)
Sponsors Link

2. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan metode pengobatan kanker yang melibatkan obat – obatan untuk membunuh sel – sel kanker yang ada dalam tubuh. Jika metode ini diberikan pada anak, dokter harus memperhatikan dosis yang tepat untuk anak tersebut. (Baca Juga: Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)

3. Terapi radiasi

Terapi radiasi merupakan metode pengobatan dengan menggunakan sinar X atau sumber sinar berenergi tinggi lainnya untuk membunuh sel – sel kanker yang ada dalam tubuh. (Baca Juga: Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)

4. Pengobatan bertahap

Selain itu, adapun pengobatan kanker ginjal berdasarkan tahapannya, yaitu sebagai berikut.

  • Kanker tahap I atau II. Anak akan menjalani pengangkatan jaringan ginjal dan organ lainnya yang terkena kanker. Pengobatan ini dilakukan jika tumor tersebut tidak agresif. Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan kemoterapi.
  • Kanker tahap III atau IV. Pengobatan ini dilakukan jika sel kanker sudah mulai menyebar ke organ tubuh lainnya. Dalam pengobatan ini, radiasi akan ditambahkan ketika melakukan kemoterapi. Sebelum operasi untuk pengecilan tumor, anak akan menjalani kemoterapi terlebih dahulu untuk membunuh sel – sel kanker.
  • Kanker tahap V. Dalam pengobatan ini, bagian kanker dari kedua ginjal akan diangkat selama operasi apabila sel – sel tumor terdapat pada kedua ginjal tersebut. Selain itu, kelenjar getah bening akan diambil untuk mengetahui apakah terdapat sel kanker dalam kelenjar tersebut. Pada pengobatan di tahap ini, kemoterapi hanya dilakukan untuk mengecilkan tumor yang tersisa saja. Pembedahan akan terus diulangi untuk mengangkat tumor yang ada dalam tubuh sebanyak mungkin dan apabila ada jaringan ginjal yang masih berfungsi akan dipertahankan. Kemudian, pengobatan kemoterapi dan radiasi akan diberikan setelahnya.

Itulah pemaparan mengenai penyebab kanker ginjal pada anak, berikut dengan gejala yang mungkin dirasakan beserta pengobatan yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Otak Pada Anak)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 20th, October 2016 / 10:13 Oleh :
Kategori : Kanker Ginjal