Sponsors Link

12 Gejala Kanker Ginjal – Diagnosa dan Tips Perawatan

Sponsors Link

Ginjal sudah tak diragukan lagi adalah organ vital dalam tubuh kita yang fungsinya mendukung penyaringan kotoran dari darah. Setelah proses penyaringan tersebut, kotoran dari darah akan diubah menjadi urin. Kanker ginjal merupakan sebuah jenis kanker yang bakal menyerang organ penting kita tersebut sehingga fungsinya akan menjadi mati.

Sponsors Link

Setiap manusia diciptakan dengan sepasang ginjal dengan lokasi berada di dua sisi pinggang, tepatnya ada di bawah tulang rusuk. Namun ginjal yang akan diserang oleh kanker tidaklah dua-duanya, tapi hanya sebelah. Kanker ini pun cenderung dialami oleh mereka yang sudah tergolong lansia dengan usia yang sudah memasuki 50 tahun lebih.

(Baca juga: penyebab kanker ginjal)

1. Warna Urin Berubah

Diketahui bahwa gejala dari kanker ginjal tingkat keparahannya melebihi gagal ginjal. Ini karena seluruh tubuh akan ikut menanggung deritanya, jadi tak hanya bagian organ ginjal saja yang merasakan ketidaknyamanan. Gejala utama yang perlu diwaspadai tentu adanya perubahan warna pada urin ketika buang air kecil.

Warna urin pada umumnya adalah bening bila memang sehat dan setiap harinya rutin mengonsumsi banyak air putih. Atau biasanya warna urin yang keluar adalah kuning. Namun pada kasus gejala kanker ginjal, urin akan berubah warnanya menjadi agak merah muda. Bahkan ada juga yang mengalami warna urin gelap seperti cola yang tandanya bercampur darah dan bahwa kanker memang telah menyerang.

(Baca juga: gejala kanker nasofaring)

2. Nyeri Punggung

Buang air kecil yang mengalami perubahan bukanlah satu-satunya, justru keadaan tersebut akan disertai juga dengan rasa sakit di punggung. Bila urin berubah warna dan kemudian diikuti juga dengan punggung yang terasa nyeri seperti ditekan, segera periksakan ke dokter. Nyeri punggung yang terjadi sendiri memang tidak selalu menandakan adanya kanker ginjal, bisa saja ini hanya gejala kecapekan biasa. Oleh karena itulah, penting untuk memeriksakan diri apabila nyeri terus datang dan bahkan lebih sering dan sakitnya begitu tak tertahankan.

(Baca juga: gejala kanker kelenjar getah bening berdasarkan jenisnya)

3. Benjolan Tak Wajar

Pada sejumlah kasus kanker lainnya, seperti misalnya kanker payudara pun, ini diawali dengan timbulnya benjolan. Jadi, bila menemukan ada ketidakwajaran semacam munculnya benjolan kecil yang bahkan sama sekali tidak gatal atau aneh di samping tubuh, coba periksakan secepatnya. Benjolan tidak normal ini biasanya awalnya tidaklah sakit, namun bila dibiarkan tentu berkemungkinan membesar. Itulah yang kita sering sebut dengan tumor dan memeriksakannya akan menolong menghambat pertumbuhan benjolan tersebut.

(Baca juga: ciri-ciri kanker payudara)

ads

4. Penurunan Nafsu Makan

Nafsu makan yang mendadak berkurang perlu dipertanyakan sebab-musababnya. Biasanya orang-orang yang kehilangan selera makan adalah mereka yang mengalami flu atau demam sehingga mulut akan terasa pahit. Turunnya nafsu makan tidak selalu menjadi tanda bahwa seseorang menderita kanker ginjal, namun jika terjadinya bersamaan dengan gejala lainnya, 90 persen tentu merupakan gejala kanker ginjal.

(Baca juga: ciri benjolan kanker payudara dan cara pemeriksaannya)

5. Kehilangan Berat Badan

Karena kehilangan selera makan, otomatis berat badan juga ikut hilang atau turun secara drastis. Penurunan berat badan dapat terjadi apabila selera makan tidak kembali seperti normalnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika turunnya berat badan bukan karena sedang terserang infeksi maupun sakit, ini boleh langsung diperiksakan untuk memastikan kondisi.

(Baca juga: gejala kanker kulit)

6. Area Testis Membengkak

Pada pria, ada kondisi khusus seperti halnya pembengkakan di daerah testis dan ini bukanlah hal yang wajar. Perhatikan juga apakah dari gejala lain yang sudah disebutkan, Anda mengalaminya juga. Pembengkakan dapat menjadi tanda adanya penyakit lain, tapi lebih baik dipastikan dengan didiagnosa segera.

7. Pergelangan Kaki Membengkak

Seringnya kita akan mengira bahwa kaki yang membengkak, apalagi di bagian pergelangan itu merupakan suatu gejala penyakit jantung. Namun pergelangan kaki yang mengalami pembengkakan juga bisa jadi tanda kanker ginjal. Kalau ditambah juga dengan gejala-gejala tak wajar lainnya, potensi kanker ginjal lebih besar.

(Baca juga: gejala ciri-ciri kanker otak)

8. Demam

Demam ini kemungkinan terjadi mengikuti gejala penurunan selera makan dan berat badan Anda. Tubuh yang kekurangan asupan nutrisi berikut juga cairan akan memudahkan tubuh mengalami demam. Demam menjadi akibat dari serangkaian gejala sebelumnya sehingga perlu diwaspadai juga agar tubuh tidak sampai kehilangan banyak cairan.

9. Tubuh Cepat Lelah

Sama halnya dengan demam, tubuh yang terasa lelah dan lemas dapat dialami karena Anda kekurangan nafsu makan. Hilangnya nafsu makan mengartikan bahwa tak banyak asupan nutrisi dan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Inilah yang kemudian menimbulkan kelelahan; tubuh akan menjadi sangat lemas bila tetap tak diisi dengan makanan dan minuman yang cukup.

(Baca juga: gejala kanker usus besar)

Gejala Kanker Ginjal Lainnya

Bila benar tubuh mengalami kanker ginjal, gejala-gejala seperti di atas adalah gejala utama yang paling umum terjadi. Namun ada juga gejala-gejala lainnya yang kiranya bisa timbul menyertai gejala yang sudah disebutkan.

  1. Mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  2. Mengalami kekurangan darah atau anemia.
  3. Tubuh merasa tidak nyaman.

(Baca juga: gejala kanker adrenal)

Metode Diagnosa Kanker Ginjal

Apabila gejala-gejala tersebut dirasakan secara intens dan berkelanjutan, maka segera ke dokter untuk melakukan metode diagnosa yang dianjurkan. Pemeriksaan yang perlu dilakukan oleh penderita gejala kanker ginjal antara lain:

  1. Tes Darah dan Urin. Demi kondisi ginjal yang sebenarnya dapat dipastikan secara mendetil, pasien perlu melakukan tes darah dan urin. Inilah langkah paling awal dalam metode diagnosa. Alasan mengapa perlu memastikannya adalah karena gejala yang pasien rasakan belum tentu kanker. Infeksi ginjal atau batu ginjal adalah penyakit dengan gejala yang mirip dengan kanker ginjal.
  2. Tes Sitoskopi. Tes atau metode pemeriksaan ini perlu dilakukan supaya dapat diketahui jelas apakah ada masalah di bagian kandung kemih pasien. Dokter bisa saja mencurigai urin yang disertai darah ada hubungannya erat dengan kandung kemih yang terganggu.
  3. Biopsi Kanker.
  4. Tes USG.
  5. CT dan MRI Scan.
  6. X-ray
Sponsors Link

Khusus untuk 4 metode diagnosa terakhir tersebut, dokter akan menyarankannya apabila sudah terbukti kalau memang gejala yang muncul bukan gejala batu ginjal, infeksi ginjal, maupun penyakit lainnya. 4 metode pemeriksaan tersebut berupa tes lanjutan yang tujuannya adalah untuk memastikan benar tidaknya kanker ginjal menyerang tubuh Anda.

(Baca juga: gejala kanker anal)

Tips Perawatan Kanker Ginjal

Ketika sudah terbukti dan terdeteksi adanya kanker ginjal dari gejala-gejala yang dialami, sejumlah tips perawatan dapat dilakukan di rumah. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dan wajib dilakukan selain dari minum obat dan perawatan medis.

  • Olahraga rutin. Memiliki penyakit kanker bukan lantas berarti bahwa kita kemudian tak boleh bergerak atau tak bisa bergerak aktif sama sekali. Justru berolahraga rutin adalah salah satu tips perawatan dari kanker ginjal. Selama seminggu, lakukan olahraga dengan total waktu 2,5 jam. Entah itu hanya bersepeda, berenang, berlari, atau berjalan cepat, semuanya baik untuk kesehatan ginjal Anda.
  • Konsumsi makanan berserat. Banyak orang pun mengira bahwa makanan berserat tidak boleh dikonsumsi penderita kanker ginjal. Mungkin lebih tepatnya, pembatasan makanan berserat tinggi perlu dilakukan oleh penderita gagal ginjal. Untuk pengidap kanker ginjal, makanan seperti buah, sayur, dan biji-bijian sangat dianjurkan.
  • Konsumsi makanan bervitamin D. Mengonsumsi ikan adalah pilihan terbaik untuk menurunkan potensi kanker menjadi lebih buruk. Namun ikan yang lebih dianjurkan adalah makarel, sarden dan juga salmon. Mengonsumsi minyak ikan juga sangat diperbolehkan.
  • Konsumsi makanan berlemak dan bergaram rendah.
  • Tidak merokok dan juga menjauhi asap rokok.

(Baca juga: ciri-ciri kanker kelenjar getah bening sesuai jenisnya)

Jangan khawatir oleh karena gejala-gejala kanker ginjal yang cukup berbahaya karena ada sekitar 90 persen penderita kanker ginjal tahap awal bisa terdiagnosa. Kemungkinan hidup yang diperikirakan untuk yang terdiagnosa awal adalah minimal 5 tahun. Jadi, dengan perawatan yang benar dan gaya hidup yang lebih sehat, tentu ada kemungkinan usia menjadi lebih panjang.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 12th, July 2016 / 02:02 Oleh :
Kategori : Kanker Ginjal