Sponsors Link

6 Gejala Umum Kanker Empedu

Sponsors Link

Kanker empedu adalah adanya pembelahan dan pertumbuhan sel sel abnormal yang ada didalam kandung empedu, dimana kandung empedu berada didekat area hati yang bertanggung jawab menyimpan cairan yang dapat membantu tubuh dalam proses pengahancuran dan penyerapan lemak yang diproduksi oleh jaringan hati. Berikut adalah gejala kanker empedu yang perlu diketahui: (Baca Juga: Penyebab Kanker Empedu , Gejala Awal Kanker Hati)

Sponsors Link

 Gejala gejala umum yang terjadi pada penderita kanker empedu 

1. Nafsu makan menurun

Kanker empedu dapat membuat seorang penderita kehilangan nafsu makannya, hal ini disebabkan karena sekitar saluran dinding empedu terjadi peradangan. (Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Kanker , Gejala Kanker Hati Sesuai dengan Jenisnya)

2. Penyakit kuning

Seseorang yang mengalami perrtumbuhan sel yang abnormal didalam empedunya biasanaya diawali terserang penyakit kuning dimana mata dan kulitnya berwarna kuning. namun penyakit kuning tersebut tidak disertai oleh rasa sakit pada penderitanya. (Baca Juga: Gejala Kanker Hati)

3. Perut terasa sangat nyeri

Perut bagian kuadran kanan atas terasa sangat sakit , mual mual yang disertai muntah dan terasa kembung. Penderita akan mengalami penurunan berat badan secaar signifikan.

Baca Juga:

4. Kulit terserang gatal gatal

Gatal gatal akan menyerang hampir disekujur tubuh ketika jumlah bilirubin mengalami peningkatanyang akhirrnya dapat merangsang saraf perifer. Gatal gatal juga di iringi dengan jantung yang berdebar debar, terserang stres berat, kelelahan dan perut terasa perih dan mual. (Baca Juga: Ciri-ciri Kanker Kulit , Gejala Kanker Kulit)

Demam akan merayap kearah temperatur yang tinggi jika terjadi peradanagan berat yang diiringi infeksi dan pembengkakan pada salurn empedu.

5. Urin berwarna keruh

Penderita kanker empedu yang belum mengetahui dirinya terkena kanker akan mendapati warna air kencingnya berwarna keruh dan lebih gelap dari biasanya, hal ini disebabkan karena adanya peningkatan bilirubin dalam darah.

Baca Juga:

6. Adanya benjolan pada perut

Benjolan akan terjadi pada jaringan perut tetapi pada bagian kanan atas. Benjolan dapat diraba dan terasa sangat sakit tetapi rasa nyeri akan terasa pada seluruh bagian dalam perut bahkan bisa menjalar kearah bahu sebelah kanan.

Sponsors Link

Fungsi utama dari empedu adalah membawa lalu memindahkan cairan dalam empedu yang berwarna kehijauan dari hati kejaringan empedu ke area usus kecil, yang nantinya dapat membantu mempercepat proses mencerna lemak lemak yang ada pada makanan yang telah dikonsumsi dalam 24 jam. sel Kanker dapat muncul pada sistem saluran empedu yang dapat dilihat dari letak lokasi awal munculnya sel kanker itu sendiri.

Diagnosa untuk upaya pemeriksaan kanker empedu dilakukan sedini mungkin agar dapat diketahui keberadaan sel kankernya.

  1. Melakukan CT scan untuk pencegahan semakin bertambahnya peradangan dan pembengkakan yang baru terjadi (awal)
  2. Pemeriksaan kolesistografi oral yang dapat membantu pemeriksaan namun tidak akan menampilkan gambar apapun tentang kerusakan kandung empedu jika seseorang telah mengalami Obstraksi. (Baca Juga: Gejala Kanker Paru paru)
  3. Dilakukan Scanning dengan radiofarmoka HIDA untuk pemeriksaan lebih lanjut pada kolesistitis akut agar sel kanker yang telah terditeksi lebih cepat disembuhkan atau dikendalikan agar tidak menyebar lebih luas lagi keluar area emnpedu.(Baca Juga: Cara Diagnosis Kanker Otak)
  4. Pemeriksaan dengan ulttrasonografi yang memiliki kemampuan menditeksi secara akurat litiasis , penebalan yang terjadi pada lapisan dinding kandung empedu.
  5. Penggunaan ERCP yang dapaat memberikan susunan dan situasi yang ada dalam kantung empedu secara keseluruhan.
  6. Penggunaan MRCP untuk pemeriksaan yang mengandalkan adanya gambar akurat dari kondisi empedu intrahepatik dan luas obstruksi tumor.
  7. Penggunaan Laboratorium test untuk pemeriksaan awal yang diulakukan pada hati, jumlah bilirubin pada fosfatase alkali dan pada obstuisi jaundice. (Baca Juga: Kanker Tulang dan Pengobatannya Secara Umum)

Apa yang menjadi pemicu munculnya pembelahan sel abnormal pada kandung empedu yang menyebabkan munculnya kanker?

  1. Kanker empedu dapat muncul karena area empedu termasuk kantung dan saluran empedu terinfeksi oleh virus penyebab kanker saluran empedu. (Baca Juga: Cara Penularan Virus Penyebab Kanker Kulit)
  2. Terjadi ready empedu kronis yaitu akibat adanya radang berat empedu karena menumpuknya batu pada empedu yang sudah mengendap besar pada saluran empedu yang mengakibatkan peradangan.
  3. Adanya kelainan duktus sistikus empedu  yaitu peradangan kandung empedu akut dimana peradangan tersebut muncul disebabkan iritasi garam empedu yang kemudian di ikuti oleh beberapa infeksi bakteri. kondisi itu terus akan menyebar kearea duktus koledokus dan akan kembali kearah kandung empedu lagi. (Baca Juga: Penyebab Kanker Lambung dan Gejalanya)
  4. Seringnya mengkonsumsi makanan yang mentah dapat menginfeksi liver fluke dan membuat peradangan  semakin melebar di daearah saluran empedu.
  5. Mengkonsumsi makanan yang masuk kategori sebagai makanan siap saji atau junk food secara berlebihan. zat pengawer, gula buatan, lemak jenuh, minyak trans dan berbagai zat karsinogen yang ada didalamnya cukup sebagai pemicu utama munculnya sel kanker pada kantung empedu.
  6. Adanya batu empedu yang semakin banyak dan membentuk kristal didalam empedu dapat mempercepat terjadinya Cholangiocarcinoma, penyumbatan saluran empedu dan peradangan hebat.
Sponsors Link

Siapa saja yang mudah terkena kanker empedu?

  1. Para wanita yang mempunyai usia diatas 55 tahun
  2. Wanita yang telah mengalami menopause pada usia yang masih produkrif
  3. Karena tumbuh polip pada kandung empedu yang telah berukuran lebih darai 10 mm yang dapat memicu perubahan menjadi sel kanker yang bisa mencapai 25 persen.
  4. Seorang wanita yang terlalu sering melahirkan dengan jarak anak kurang dari 4 tahun. perubahan hormon yang memicu munculnya kanker empedu.
  5. Seseorang telah terserang obesitas diusia muda yang tidak segera mengikuti program diet sehat dan terus mengalami kegemukan yang tidak terkendali diusia dewasa mampu mempercepat seseorang terserang kanker kantung empedu.

(Baca Juga: Penyebab Kanker Prostat Pada Pria , Pil KB Menyebabkan Kanker Serviks)

Manjurnya daun sirsak dan kulit manggis

  • Daun sirsak dan kulit manggis adalah rajanya anti kanker karena didalmnya mengandung zat acetogenin dan senyawa xanthone  yang memiliki kemampuan memblokir dan mengahancurkan sel kanker. Daun sirsak adan kulit manggis terbukti sama hebatnya dengan bawang putih dan mahkota dewa, namun daun sirsak yang direbus bersama kulit manggis, air rebusannya dapat diminum setiap hari untuk upaya pencegahan pada pra kanker dan dapat mempercepat penyembuhan pada penderita kanker yang masih tahap awal.

Baca Juga:

Bagi penderita kanker empedu yang sudah sembuh atau masih dalam program pemulihan dianjurkan untuk melakukan diet sehat yang biasanya direkomendasikan oleh dokter terkait. Diet yang dilakukan untuk menjaga agar pembengkakan dan peradangan tidak terjadi kembali. Diet  tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sirip hiu, kacang hijau, dan tahu yang bisa dimodifikasi dengan tambahan makanan sehat lain seperti barley. (Baca Juga: Daftar Makanan Sehari-Hari Pencegah Kanker)

Melakukan pengobatan berupa terapi, bedah operasi dengan tepat waktu atu lebih dini dapat membantu penderitan kanker empedu bertahan hidup lebih dari 5 tahun. Hal ini cukup bisa menyadarkan kita bahwa kanker empedu adalah jenis kanker yang sangat berbahaya karena dapat memperpendek usia seseorang.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 07th, October 2016 / 08:42 Oleh :
Kategori : Kanker Empedu