Sponsors Link

11 Tanda-tanda Leukemia Dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Kanker darah putih atau yang biasa disebut dengan leukemia merupakan salah satu penyakit kanker yang diketahui karena banyaknya sel darah putih sebelum diberi terapi. Kanker ini dapat menyerang siapa saja dari berbagai macam usia, akan tetapi penyakit ini lebih sering menyerang orang dewasa. Jika tidak segera ditangani atau tidak ditangani dengan baik, maka penyakit ini akan menyebabkan kematian. (Baca juga: Gejala Kanker Darah Sesuai Dengan Jenisnya )

Sponsors Link

Banyak orang yang tidak menyadari gejala awal leukemia. Mereka baru menyadari hal tersebut pada saat leukemia mencapai tingkat atau stadium 3 dan 4, dimana pasien sudah harus menjalani cuci darah setiap minggunya. Keterlambatan ini cenderung sulit untuk disembuhkan dan bahkan menimbulkan potensi kematian yang lebih besar. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Darah Umum dan Lanjutan )

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kita wajib mengetahui tanda-tanda dari kanker darah atau leukemia. Tetapi, akan lebih baik jika kita melakukan pencegahan sejak dini dengan cara membiasakan pola hidup sehat dan teratur. Berikut ini merupakan pemaparan dari tanda-tanda adanya penyakit kanker darah. (Baca juga: Penyebab Kanker Darah Sesuai dengan Jenisnya )

  1. Ketika terluka dan luka tersebut mengeluarkan darah
    Orang yang sehat dengan orang yang terkena leukemia akan berbeda pada saat mereka terluka dan luka tersebut mengeluarkan darah. Orang yang sehat pada saat terluka, aliran darah yang keluar akan segera menggumpal dan pendarahan akan mudah berhenti. Lain halnya dengan penderita leukemia, darah yang keluar atau mengalir akan sulit dihentikan dan darah tersebut cenderung berwarna merah muda.
  2. Sering mengalami mimisan atau pendarahan dari hidung
    Mimisan merupakan suatu kondisi dimana terjadi pendarahan dari hidung. Banyak penyebab yang dapat mengakibatkan mimisan. Bagi orang yang sehat, mimisan terjadi karena suhu tubuh yang panas atau tinggi dan tidak berlangsung lama serta pendarahan mudah dihentikan. Tetapi bagi orang yang mengidap leukemia, mimisan sering terjadi dan sulit dihentikan. Biasanya keadaan ini disertai dengan rasa pusing yang luar biasa. (Baca Juga: Stadium Kanker Otak , Gejala Kanker Nasofaring)
  3. Sering mengalami pendarahan pada gigi dan gusi
    Pendarahan pada gigi dan gusi pun memiliki penyebab yang bermacam-macam. Bagi orang sehat, pendarahan pada gigi dan gusi biasanya dipengaruhi karena kekurangan vitamin C atau adanya benda asing yang melukai gigi dan gusi, selain itu pendarahannya mudah dihentikan. Tetapi bagi penderita leukemia, pendarahan gigi dan gusi dapat terjadi secara tiba-tiba dan sering terjadi. Untuk menghentikan pendarahannya pun terbilang sulit dan berlangsung lama. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Mulut)
  4. Sering merasakan nyeri pada persendian atau tulang belakang
    Pengidap leukemia cenderung sering merasakan nyeri pada persendiannya terutama pada tulang bagian belakang. Hal ini disebabkan karena sel-sel kanker sudah menyebar ke daerah tulang. Dari nyeri persendian ini, akan menimbulkan demam tinggi pada penderita. (Baca Juga: Gejala Kanker Tulang Sesuai Jenisnya , Ciri Ciri Kanker Tulang)
  5. Sering merasakan nyeri pada perut
    ads
    Selain sering merasakan nyeri persendian, orang yang mengidap penyakit kanker darah juga akan sering merasakan nyeri pada perutnya. Hal ini disebabkan karena sel-sel kanker darah putih sudah menumpuk di daerah ginjal, hati, dan empedu. Dalam hal ini, akan terjadi pembengkakan pada organ-organ tubuh tersebut dan menyebabkan turunnya nafsu makan bagi penderita. (Baca Juga: Gejala Kanker Ginjal , Ciri-Ciri Kanker Hati yang Sangat Mematikan , Gejala Kanker Hati)
  6. Berat badan menjadi turun drastis
    Penyakit leukemia dapat menurunkan nafsu makan dari penderita. Ini memberikan dampak negatif pada tubuh dimana berat badan menjadi menurun secara drastis tanpa adanya sebab yang jelas. Tanda ini perlu diwaspadai karena adanya kemungkinan terjadi penyakit kanker darah atau leukemia.
  7. Sangat rentan tertular penyakit
    Penderita leukemia akan sangat mudah tertular berbagai macam penyakit atau virus. Hal ini disebabkan karena sel-sel darah putih yang berlebihan tersebut tidak dapat berfungsi dengan normal untuk menjaga tubuh terhindar dari virus. (Baca juga: Penyebab Kanker Darah Pada Balita)
  8. Kehilangan keseimbangan
    Orang yang terkena leukemia akan merasa kesulitan dalam menjaga keseimbangan pada tubuhnya. Sehingga orang tersebut akan mudah terjatuh ketika berjalan atau berlari. Segera lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebab yang lebih jelasnya lagi, terutama jika hal ini dialami oleh anak-anak. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Darah Pada Anak)
  9. Mudah merasa lelah
    Jika tubuh mudah merasa lelah meskipun melakukan aktivitas yang ringan, patut dicurigai bahwa hal tersebut merupakan gejala leukemia. Kelelahan ini disebabkan karena meningkatnya produksi sel darah putih sehingga energi dalam tubuh cepat habis.
  10. Sering berkeringat di malam hari
    Tanda selanjutnya yang dialami oleh penderita leukemia, yaitu sering berkeringat pada malam hari. Keringat yang dihasilkan sangat melebihi batas normal dan patut diwaspadai bahwa ini merupakan gejala dari leukemia.
  11. Pernapasan yang tidak normal
    Tanda lainnya dari leukemia, yaitu terjadi sesak napas. Sesak napas yang terjadi bagi penderita leukemia berlangsung cukup lama. Selain itu, hal ini sulit untuk disembuhkan, karena sel-sel kanker yang sudah menyebar ke organ tubuh lain.

Tanda-tanda tersebut memang sulit dikenali jika dibandingkan dengan kondisi tubuh yang sehat atau normal. Jika gejala tersebut di atas sebagian sudah mulai dirasakan, maka segera lakukan pemeriksaan dan upaya pengobatan yang memungkinkan untuk mencegah agar kanker tidak semakin parah. Pengobatan yang dilakukan dapat berupa pengobatan secara medis ataupun pengobatan secara herbal. Berikut ini beberapa upaya pengobatan yang dapat dilakukan oleh penderita leukemia. (Baca juga: Pengobatan Kanker Darah Secara Medis )

  1. Kemoterapi – kemoterapi kanker merupakan suatu pengobatan yang diketahui paling ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker, khususnya leukemia. Karena pengobatan ini berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Cara kerja pengobatan ini dimana penderita diberikan suntikan pada pembuluh darah yang dikombinasikan dengan obat-obatan pembunuh kanker.
  2. Terapi biologi – Pengobatan ini dilakukan dengan metode terapi dimana terapi tersebut menggunakan obat-obatan khusus untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kanker.
  3. Terapi sel punca – Terapi sel punca atau bisa disebut juga dengan transplantasi sumsum tulang belakang, yaitu suatu upaya untuk menggantikan sumsum tulang belakang yang terkena kanker dengan sumsum tulang belakang yang baru atau sehat. (Baca Juga: Metode Pengobatan Kanker dengan Stem Cell)
  4. Radiasi – Merupakan metode pengobatan dengan menggunakan radiasi sinar X dalam dosis tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh penderita kanker. (Baca Juga: Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)
  5. Transplantasi sel induk – Pengobatan ini dapat membangun dan meningkatkan suplai sel darah secara normal untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

(Baca Juga: Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher , Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening)

Sponsors Link

Pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit kanker terbilang cukup mahal. Diperlukan biaya yang besar untuk melakukan berbagai macam pengobatan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika melakukan pencegahan sejak dini untuk menghindari berbagai macam penyakit. Pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut. (Baca juga: Buah yang Baik Untuk Kanker Darah )

  1. Olahraga secara teratur. Sudah sangat jelas bahwa olahraga dapat menjaga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit, khususnya kanker darah. Olahraga yang dilakukan haruslah teratur. Sehingga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.
  2. Diet. Diet yang sehat dan teratur menjadi salah satu pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kanker. Diet yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan tidak boleh berlebihan.
  3. Menghindari rokok dan alkohol. Sudah jelas bahwa kedua hal tersebut sangat wajib dihindari oleh siapapun. Karena rokok dan alkohol sangat berpotensi tinggi menimbulkan berbagai macam penyakit, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.
  4. Menghindari zat karsinogenik. Zat ini merupakan suatu zat yang memicu terjadinya kanker. Karsinogenik biasanya dihasilkan dari makanan yang mengandung lemak atau makanan yang digoreng. (Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Darah)
  5. Deteksi sejak dini. Selalu periksakan diri ke dokter untuk mengetahui berbagai gejala penyakit. Terutama jika penyakit tersebut merupakan penyakit turunan.
  6. Mengkonsumsi obat-obatan herbal. Mengkonsumsi obat-obatan herbal atau alami dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Obat herbal yang dipilih haruslah obat yang benar-benar dapat menyehatkan tubuh. (Baca Juga : Daftar Tanaman Obat Kanker)

Itulah pemaparan mengenai tanda-tanda leukemia berikut dengan pengobatan dan pencegahannya. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 05th, October 2016 / 22:48 Oleh :
Kategori : kanker darah