Sponsors Link

4 Buah yang Baik Untuk Obat Kanker Darah

ads

Kanker darah atau biasa disebut dengan leukimia merupakan salah satu penyakit kanker dimana kondisi sel darah putih (leukosit) lebih banyak dibandingkan sel darah merah (eritrosit). Leukosit memiliki manfaat bagi tubuh untuk menangkal virus maupun bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Namun demikian jika leukosit yang terkandung dalam tubuh memiliki jumlah yang lebih banyak akan memberikan efek negatif. Efek negatif tersebut berupa rusaknya eritrosit sehingga sistem di dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan. Kondisi tersebut tentu saja tidak terjadi begitu saja, ada penyebab kanker darah, sehingga membutuhkan metode pengobatan kanker darah yang berbeda.

Di dalam tubuh manusia, secara umum darah terbagi menjadi 3 bagian, yaitu leukosit, eritrosit, dan trombosit. Berikut ini merupakan penjelasan secara rincinya:

  • Leukosit : berfungsi untuk ketahanan tubuh. Menanggulangi infeksi yang mungkin dialami di dalam tubuh. Sebagai contoh, ketika secara tiba-tiba Anda mengalami panas tinggi, dan ternyata setelah dilakukan pemeriksaan Anda mengalami radang tenggorokan. Pada saat tubuh mengalami panas tinggi, leukosit sedang bekerja untuk mengatasi infeksi yang dialami tubuh.
  • Eritrosit : merupakan sel darah merah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen sekaligus membawa nutrisi yang sudah diolah organ hati ke seluruh organ. Kandungan di dalam eritrosit sangat kompleks.
  • Trombosit : merupakan bagian di dalam eritrosit yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan jika terjadi lapisan jaringan yang robek atau mengalami luka. Jumlah trombosit jika terlalu banyak akan menyebabkan terjadinya pengentalan Sedangkan jika jumlahnya terlalu sedikit, maka akan terjadi pendarahan.

Berdasarkan penjelasan mengenai pembagian darah yang ada di dalam tubuh manusia beserta fungsinya, maka dapat diketahui bagaimana proses terjadinya leukimia dan mengapa dapat membahayakan penderitanya. Leukosit dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan rusaknya eritrosit dan trombosit. Hal inilah mengapa dampak yang ditimbulkan adalah tubuh akan kekurangan suplai oksigen, anemia, dan bahkan pendarahan di beberapa bagian. Pada stadium awal penderita leukemia ditandai dengan pendarahan melalui lubang hidung (mimisan), sedangkan pada stadium atas tidak jarang penderita akan mengalami pendarahan melalui pori-pori kulitnya.

Di era modern saat ini, teknologi pengobatan telah berkembang pesat. Ada banyak cara yang dapat dilakukan. Namun tetap saja pengobatan melalui bahan kimia, operasi pengangkatan sel kanker, dan kemoterapi kanker dapat menimbulkan efek lanjutan dari penyakit inti yang dideritanya. Sehingga diperlukan salah satu pengobatan alternatif yang menyertai agar dapat menanggulangi efek samping bahkan juga membantu mempercepat penyembuhan.

Cara pengobatan alternatif yang dapat digunakan adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dapat mendukung proses penyembuhan penyakit kanker darah. Adapun buah-buahan yang dapat dikonsumsi penderita kanker darah adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Mengkudu

Mengkudu atau juga disebut dengan tahitian noni merupakan salah satu tanaman buah yang sangat mudah tumbuh dan dikembangbiakkan. Bahkan melalui penyebaran yang dilakukan oleh burung, tanaman mengkudu dapat tumbuh dengan sendirinya. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kandungan buah mengkudu. Kandungan paling penting dalam buah mengkudu adalah proxeronin. Proxeronin memiliki manfaat untuk membantu regenerasi sel. Sehingga bagi penderita leukemia, zat proxeronin ini dapat berfungsi untuk membantu sel darah merah dalam membentuk jaringan sel-selanya yang telah dirusak oleh sel darah putih. Anda dapat mengkonsumsi dalam bentuk jus, sehingga sari buahnya dapat dengan mudah Anda minum secara rutin sesuai anjuran ahli. Namun demikian, Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi aroma yang kurang sedap dari buah mengkudu.

  1. Sirsak

Buah sirsak merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Artinya, dengan mengkonsumsi buah sirsak, maka Anda telah mengundang senyawa antioksidan ke dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas. Pada tanaman sirsak, tidak hanya pada buahnya saja bermanfaat, namun daun, biji dan batang tanaman sirsak kaya akan manfaat terutama untuk pengobatan penyakit kanker.

Hal ini dikarenakan pada daun, biji dan batang memiliki kandungan annonaceous acetogenins yang berfungsi untuk mematikan sel kanker 10.000 kali lipat lebih kuat dari pengobatan dengan menggunakan metode kemoterapi kanker. Manfaat lainnya adalah pengobatan dengan mengkonsumsi buah, dan air rebusan daun, biji, dan batang tanaman sirsak mampu menyembuhkan penyakit kanker darah, kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker serviks, kanker paru-paru, kanker ginjal, dan kanker kandung kemih.

  1. Apel

Buah apel memiliki kandungan yang hampir menyerupai buah sirsak. Pada  buah apel memiliki kandungan flavonoid dan quercetin yang paling dominan sehingga buah ini dapat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kanker, khususnya kanker darah. Kandungan flavonoid dan quercetin berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Sponsors Link

Anda dapat mudah memperoleh buah apel karena memang banyak tempat yang menjual buah apel. Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi buah apel secara langsung atau dengan menggunakan kombinasi jus. Namun demikian, Anda harus tetap selektif dalam melakukan pemilihan buah apel. Pastikan buah apel yang Anda konsumsi sudah dicuci bersih sehingga terbebas dari zat-zat berbahaya seperti pestisida.

  1. Manggis

Manggis merupakan buah yang kaya akan kandungan xanthone yang paling besar. Senyawa xanthone merupakan senyawa yang masuk ke dalam kelompok senyawa polifenol yang memiliki sifat dapat sebagai antioksidan, antitumor, antiradang, antialergi, antifungsi, antibakterial, dan antiviral. Dengan sifatnya tersebut, senyawa ini dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu kandungan pada buah manggis, terutama pada bagian ekstrak kulit manggis memberikan manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti pada penyakit kanker darah, kanker hati, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Buah-buahan yang telah disebutkan merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk melakukan pengobatan terhadap penyakit kanker. Namun demikian pengobatan tersebut harus disertai usaha lain yaitu lebih waspada dan peduli terhadap perubahan kondisi tubuh. Dengan meningkatnya kewaspadaan sekaligus kepedulian penderita kanker itu sendiri, maka kemungkinan keberhasilan pengobatan juga akan semakin meningkat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Sunday 24th, April 2016 / 13:40 Oleh :
Kategori : kanker darah