Sponsors Link

13 Ciri-Ciri Kanker Darah Umum dan Lanjutan

Sponsors Link

Kanker darah atau leukemia merupakan penyakit yang terutama menyerang proses pembentukan jaringan darah yang berawal di sumsum tulang belakang dan bisa menjalar hingga ke sistem organ tubuh lain, termasuk sistem limfa. Sumsum tulang belakang memang menjadi tempat produksi dari sel-sel darah manusia yaitu:

Sponsors Link
  • Sel darah merah – untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh
  • Sel darah putih – untuk melawan infeksi dalam tubuh
  • Keping darah – untuk membantu pembekuan darah.

Kanker darah terjadi tatkala terdapat anomali dimana produksi sel darah putih meningkat hingga melebihi jumlah yang normal, fungsinya pun turut mengalami gangguan. Tidak hanya melawan infeksi dengan memakan bakteri dan sel-sel asing dalam tubuh, sel darah putih akan mulai memakan sel-sel sehat yang berguna untuk tubuh sehingga fungsi keseluruhan sistem organ pun menjadi turut terganggu.

Jenis-Jenis Kanker Darah

ciri-ciri-kanker-darah2Berdasarkan dari kecepatan perkembangannya, kanker darah terbagi menjadi dua:

  1. Leukemia akut, yang perkembangannya sangat cepat
  2. Leukemia kronis, yang perkembangannya lambat dan tidak menampakkan gejala kanker darah selama bertahun-tahun.

Sementara itu, berdasarkan dari jenis sel darah yang dipengaruhinya, leukemia pun kembali dibagi menjadi dua:

  1. Lymphocytic/Lymphoblastic : terutama menyerang bagian limfosit dari sel darah putih
  2. Myelogenous : mempengaruhi sel-sel darah lainnya seperti granulosit, sel darah merah, atau keping darah.

 

Jenis-jenis tersebut apabila dikombinasikan maka memunculkan empat tipe kanker darah, yaitu:

  • Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL)
  • Acute Myelogenous Leukemia (AML)
  • Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL)
  • Chronic Myelogenous Leukemia (CML)

Meski mengharuskan cara penanganan medis yang berbeda-beda, apa pun jenis tipe leukemia yang diderita memiliki urgensi yang sama untuk segera ditangani ketika ciri-ciri kanker darah mulai menampakkan diri.

Sponsors Link

Ciri-ciri Kanker Darah Secara Umum

Ciri-ciri kanker darah bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis yang diderita. Meski demikian, terdapat beberapa gejala-gejala umum awal yang bisa dideteksi dari leukimia, sebagai berikut:

  1. Mudah merasa lemah, letih, lesu tanpa alasan yang jelas
  2. Sering merasa pusing
  3. Sering merasa demam atau malah keringat dingin
  4. Tiba-tiba sering mendapat infeksi yang sulit hilang atau selalu datang kembali
  5. Mudah muncul luka-luka atau memar
  6. Muncul bentol-bentol murah pada kulit
  7. Berkeringat yang berlebihan, terutama pada malam hari
  8. Pendarahan, seperti jadi sering mimisan dan gusi berdarah
  9. Kehilangan selera makan
  10. Berat badan secara signifikan tanpa diniati

Ciri-ciri Kanker Darah Lanjutan

Ciri-ciri kanker darah tadi memang terlalu umum sehingga sering kali disalahartikan sebagai gejala penyakit lain yang dapat diremehkan. Seharusnya dengan mendeteksi ciri-ciri umum tadi saja sudah cukup dijadikan alasan untuk waspada. Meskipun demikian, apabila ciri-ciri kanker darah tersebut kemudian muncul dengan ciri-ciri lanjutan berikut ini, anda wajib untuk memeriksakan diri ke ahli medis segera.

Sponsors Link

  1. Tulang dan sendi yang tiba-tiba sering sakit, linu atau bahkan terasa lemas seperti jeli. Hal ini bisa terjadi karena sel-sel leukemia membentuk jaringan di dekat permukaan tulang atau bahkan di dalam persendian.
  2. Pembesaran Pada Jaringan Lipatan LimfaBeberapa kasus kanker darah memungkinkan sel-sel leukemia menyebar hingga ke jaringan-jaringan lipatan limfa yang dekat dengan permukaan kulit tubuh, misalnya, leher, lipatan ketiak, dan lipatan paha. Hal ini dapat dideteksi dengan menemukan adanya benjolan-benjolan di titik-titik tersebut.
  3. Memar di Bagian PerutTidak jarang sel-sel leukemia terbentuk di daerah sekitar daerah liver dan limfa kecil. Oleh karena itu, perkembangan sel-sel leukemia dapat membengkakkan organ-organ tersebut hingga memunculkan rasa sakit dan memar di bagian samping kiri perut. Selain itu, adanya pembengkakan liver dan limfa juga bisa dirasakan ketika perut cepat merasa kenyang meski hanya makan dalam porsi yang sedikit.

Sampai saat ini, ahli kesehatan pun masih belum tahu pasti apa yang menjadi penyebab kanker darah. Meski demikian, beberapa hal dipercaya mampu meningkatkan resiko kanker darah, misalnya saja terlalu sering terkena paparan radiasi zat-zat kimia. Dengan demikian, mengingat penyakit ini hanya memungkinkan untuk diupayakan pengobatannya dan nyaris mustahil untuk dicegah dari awal, maka sangat penting untuk selalu aware dengan ciri-ciri kanker darah. Dengan demikian, ada pun diagnosa kanker darah akan dapat selalu ditangani sejak dini sebelum benar-benar berkembang menjadi terlalu parah dan berakibat fatal.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 12th, February 2015 / 04:56 Oleh :
Kategori : kanker darah